KLEPTO Dia Baik Sudah Menjaga


KLEPTO

Kata yang tidak asing lagi bagi kita, yang biasa kita sebut apabila teman kita menggunakan barang yang bukan miliknya. Jadi apa iya sih Klepto itu maksudnya mencuri ?

Kleptomania atau klepto adalah kondisi gangguan perilaku dengan mencuri atau mengutil dan biasanya rantan untuk kambuh sulit menahan keinginan untuk mencuri.

yang pada umumnya barang yang dicuri adalah itu barang yang tidak ia butuhkan dan tidak berguna tetapi karena adanya rasa keiginan spontan yang terngiang dipikirannya "Ambil ah". Dan bahkan orang dengan kondisi seperti termasuk orang dengan ekonomi berkecukupan.

Namun gangguan kesehatan jiwa perilaku klepto ini dapat menyebabkan luka batin bagi anda dan orang terdekat. karena sejatinya mencuri tetaplah mencuri.

Hal ini sebenarnya sering terjadi di sekitar kita misalkan di area sekolah maupun perkantoran, terkadang alat-alat tulis kantor kita hilang begitu saja, pelaku klepto ini. Namun Bedakan orang yang kebiasaan mencuri dengan klepto. Kleptomania tidak mengambil barang berharga.

Siapa saja yang bisa terkena kondisi ini ?

Gangguan klepto ini bisa terjadi pada siapa saja. bahkan menurut studi yang saya kutip dari hallosehat.com mengatakan wanita lebih sering mengalami kondisi kambuhan ini. 

Apa saja gejala Kleptomania ?

1. Rasa ingin mencuri yang tidak tertahankan
    Kleptomania ini sadar bahwa mencuri adalah perbuatan yang salah, namun perasaan ingin mengambil barang yang bukan miliknya sangatlh kuat. Alhasil, mengabaikan akal sehatnya dan tetap memilih mencuri
2. Spontan Mencuri
    Berbeda dengan maling yang umumnya merencanakan sesuatu saat mencuri. Kleptomania ini melakukan aksinya terjadi begitu saja. ini timbul karena ada rasa gelisah dan keinginan. contohnya perilakunya mengambil pisang di meja makan, ngendap ngendap langsung ambil masuk ke kantong celana.
3. Sering Kambuh
    Selain menimbulkan rasa cemas, gelisah, dan spontan mencuri, gangguan ini akan kambuh masuk ke episode berikutnya, mereka akan merasa sangat bersalah, menyesal, membenci diri sendiri, malu dan takut untuk ditangkap setelah mencuri. namun selepas itu, muncul kembali inilah siklus klepto itu

Fakta-Fakta Unik Klepto

1.  Kebanyakan kleptomania ini berasi di tempat umum, dan ramai. misalnya toko dan supermarket. bahkan mengutil dari teman atau kenalan. seperti di pesta, ruang kelas.
2.  Sering kali, barang yang dicuri tidak berharga yang padahal ia sanggup untuk membelinya\
3.  Barang curian biasanya disimpan, dan tidak digunakan dalam jangka waktu dekat. karena perasaan takut akan ketahuan yang menimpanya
4.  Bila rasa cemas setelah melakukan aksi yang tak terbendung Kleptomania akan mengembalikan barang curiannya ketempat dimana ia mencurinya.

Apa penyebab perilaku kleptomania ?

Penyebab kleptomania ini pun tidak diketahui. Beberapa dokter memandang kleptomania sebagai bagian dari gangguan obesif. atau instruksi batin yang sebenarnya tidak diinginkan olehnya. ada juga bukti lain menunjukkan bahwa kleptomania dipengaruhi oleh mood seperti depresi tekanan mental batin, keharusan untuk menutupi kekurangan.

Lalu bagaimana menghadapai kleptomania ini disekitar kita.
Ingat pencuri tetaplah curian. akan ada pihak pihak yang dirugikan. Jika melihat teman kita yang mengambil barang yang bukan miliknya tegurlah ia, namun bukan berarti memergokinya Misalkan :
"eh ini kan pulpennya si Ongki, dapat dimana ?" "eh iya gapapa tuh ini diambil, baiknya kita izin dulu la kayaknya"
atau jika itu barang milik kita yang kita temui ada padanya. jangan langsung menjudgenya sebagai pencuri karena harl tersebut yang akan dapat membuatnnya untuk melakukannya kembali. misalkan   " eh ini kan pulpenku, aku kecarian dari tadi makasih ya udah dijagain"

Sayangilah sahabat dan teman teman kita, jangan salah bibit klepto ini juga menjadikan kebiasaan yang mengancam untuk masa depannya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "KLEPTO Dia Baik Sudah Menjaga"

  1. If you're attempting to lose pounds then you absolutely need to get on this brand new personalized keto plan.

    To create this service, licensed nutritionists, fitness trainers, and professional cooks have united to develop keto meal plans that are effective, painless, price-efficient, and delightful.

    Since their first launch in early 2019, 100's of individuals have already remodeled their figure and well-being with the benefits a proper keto plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones given by the keto plan.

    ReplyDelete