Renungan Islam : Hari ini Milik Anda

      

HARI INI MILIK ANDA

     Jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore tiba. Hari inilah yang akan anda jalani, bukan hari kemarin yang telah berlalu dengan segala kebaikan dan keburukannya, dan juga bukan esok hari yang belum tentu datang. Hari ini yang saat ini mataharinya menyinarimu, dan siangnya menyapa anda inilah hari anda.
       Umurmu, munkin tinggal hari ini, Maka, anggapklah masa hidupmu hanya hari ini, atau seakan-akan kamu dilahirkan hari ini dan akan mati hari ini juga. Dengan begitu, hidupmu tak akan tercabik-cabik diantara gumpalan keresahan, kesedihan dan duka masa lalu dengan bayangan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian dan acapkali menakutkan.
    Pada hari dimana kamu hidup saat inilah sebaiknya kamu membagi waktu dengan bijak. Jadikanlah setiap menitnya laksana ribuan tahun dan setiap detiknya laksana ratusan bulan. Tanamkan kebaikan sebanyak-banyaknya pada hari itu, dan persembahkanlah sesuatu yang paling indah untuk hari itu. Ber-istigfar-lah atas semua dosa, ingatlah selalu kepada-Nya. Bersiap-siaplah untuk sebuah perjalanan menuju alam keabadian, dan nikmatilah hari ini dengan segala kesenangan dan kebahagiaan! Terimalah rezeki, istri, suami, anak-anak, tugas-tugas, amanah, rumah, ilmu, jabatan, teman-teman kamu setiap hari dengan penuh keridhaan.
        "Maka berpegang teguhlah dengan apa yang Aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur." (Qs Al-Araf :144)
       Hiduplah hari ini tanpa kesedihan, kegalauan, kemarahan, kedengkian, dan kebencian. Jika kamu percaya diri sendiri, serta memiliki semangat dan tekad yang kuat, kamu akan dapat menunddukkan diri  untuk berpegang pada prinsip : aku hanya akan hidup hari ini. Prinsip inilah yang akan menyibukkan diri setiap detik untuk selalu memperbaiki keadaan, mengembankan semua potensi, dan mensucikan setiap amalan.
       Dan, itu akan membuatmu akan berkata dalam hati. "Hanya hari ini aku berkesempatan untuk mengatakan yang baik-baik saja. Tak berucap kotor dan jorok yang menjijikkan, tidak akan pernah mencela, membicarakan kejelekan orang lain. Dan hanya hari ini saja aku akan hidup, maka aku akan memperhatikan kebersihan tubuhku, kerapian penampilanku, kebaikan tutur kataku dan tindak tandukku".
       Hanya hari ini aku akan dapat menghirup udara kehidupan, maka aku  akan berbuat baik kepada orang lain dan mengulurkan tangan kepada siapapun. Aku akan menjenguk mereka yang sakit, mengantarkan jenazah, memberi makan orang kelaparan, menolong orang yang sedang kesulitan, membantu orang yang dizalimi, meringankan penderitaan yang lemah, mengasihi mereka yang menderita, menghormati orang-orang alim, menyanyangi anak kecilm dan berbakti kepada orang tua.
       Aku hanya akan hidup hari ini, maka aku akan mengucapkan "wahai masa lalu yang telah berlalu dan selesai, tenggelamlah seperti mataharimu, aku tak akan oernah mengisi kepergianmu, dan kamu tidak akan pernah melihatku termenung sedetik pun untuk mengingatmu. kamu telah meninggalkan kami semua, pergi dan tak pernah kembali lagi".
"Hari ini Milik Anda", adalah ungkapan yang paling indah dalam kamus kebagaiaan, kamus bagi mereka yang menginginkan kehidupan yang paling indah dan menyenangkan
Referensi : La Tahzan karya Dr. A'idh al-Qarni
     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Renungan Islam : Hari ini Milik Anda"

Post a Comment