Perjalanan Menuju Lulus Seleksi XL Future Leader Batch 5


Assalamu'alaikum Wr Wb

Semangat Pagi !!! Pagi...Pagi...Pagi!!!
Jargon yang sangat meningkatkan spirit ketika berada di XL FUTURE LEADER ini
ada 3 Kompetensi yang diajarkan yaitu
- EFFECTIVE COMMUNICATION
- INOVATION AND ENTERPRENEURSHIP
- MANAGING TIME

Nah saya akan bercerita sedikit pengalaman saya selama mengikuti program CSR XL Future Leader ini, biar gampang saya singkat aja ya menjadi XLFL

Awal saya mengetahui program XLFL ini melihat poster-poster dari mading  kampus dengan slogan "Jalan Pemimpi, Jadi Pemimpin" saya juga seorang pemburu beasiswa sehingga program XLFL ini sungguh bertanya-tanya didalam benak pikiran. Nah dilain kesempatan saya berjumpa dengan senior jurusan saya bernama "Anis Damayanti" saya heran kakak ini udah kerja di XL ya atau jadi sales. ternyata kak Anis ini merupakan siswa XLFL Batch 4. Niat saya untuk mengetahui program ini semakin dalam dan saya bertanya dan berdiskusi dengan Kak Anis sehinga beliau menjelaskan benefit yang didapat dari program XLFL ini

Time line pendaftarannya lama banget ada sekitar 4 bulan secara online. Ketika mendaftar banyak point-point yang harus diisi yang berhubungan dengan kontribusi secara personal, dimulai dari Jabatan organisasi, program apa yang dibuat prestasi dan lain sebagainya. Waktu perjalanan cukup panjang menunggu pengumuman sampai saya lupa kalau mendaftar XLFL :D
Dan tiba-tiba saya mendapat ucapan selamat dari teman saya lulus seleksi tahap 1 Alhamdulillah ada 12.436 pendaftar dan XLFL mempersilahkan 2144 pendaftar se Indonesia untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
Email dari XLFL masuk untuk undangan pelaksanaan seleksi di Gedung Graha XL Medan untuk di Medan sendiri sekitar 150 an orang lebih kurang.

Seleksi XLFL dilaksanakan selama 1 hari dan di ending akan ada interview di hari kemudian
Pada saat sebelum tes saya sudah dibekali oleh XLFL untuk mempelajari secara individu dirumah tentang "Pertanyaan sejuta Interview", dan "Pejuang CV" di Elearn

Tes pertama GMAT dan TOEFL
GMAT yaitu (General Manager Aptitude Test) awalnya bingung baru ini denger dan tes GMAT cari referensi dari luar oh.. my God.. this is very difficult dengan bahasa inggris jadi saya enggan untuk belajar (hehe jangan ditiru ya). Intinya gini deh tesnya seperti TPA (Tes Potensial Akademik) nah kalau diluar negeri itu namanya GMAT. Soal-soalnya cukuo menguras pikiran karena soal-soal dari XL ini menjerus kepada apa tindakan-tindakan yang akan kita lakukan ketika kita dihadapkan suatu accident, agak agak psikotes gitu sih. Setelah tes GMAT selesai dilanjutkan dengan tes Bahasa Inggris, kalau saya lihat percis stepnya sama seperti tes TOEFL jadi dalemin aja soal-soal TOEFL nya.
Saya mengira bahwa masih akan lanjut sampai ke Focus Group Discussion ternyata pengumuman untuk tes selanjutnya diumumin di tempat alias apakah kita lulus di tes GMAT dan TOEFL
menunggu 20 menit.. Taraaa hasilnya keluar dan dari 70 tersisa 28 orang yang berhak untuk ikut tes selanjutnya yaitu Case Study.

Tes kedua yaitu case study, presentasion, dan focus group discussion
Satu-satu kita cerita pertama case study 28 peserta diberikan 1 buah artikel komplit dengan data dan di akhir artikel ada pertanyaan yang harus kita jawab dan diutarakan. kemampuan membaca dan analisis sangat diuji disini dengan keterbatasan waktu yang sedikit harus bisa menjawab case yang diberikan dengan bahasa inggris. Lembar jawaban atas case pun dikumpulkan sembari menghela nafas memang butuh perjuangan untuk join di XLFL ini haha.
ok kita lanjut ke tes berikutnya presentasion. awalnya saya dengan semangat oke presentasi amannya ini lae... dan ketika diberikan instruksi teknis presentasi mental saya menjadi down karena dan ternyata Bahan presentase adalah dari bahan artikel case dan itu sudah dikumpul dan saya tidak membaca ulang. no more argument building disitu saya panik dan merenung sendiri tadi apa yang saya baca dan apa yang saya baca arrrghh.... Teknis lainnya yaitu presentasi secara individu diruangan yang tertutup dan dihadapan tim penilai mental kamu akan diuji disini so sering sering ngomong depan cermin ya hehe ketika penyampaian diutamakan menggunakan Bahasa Inggris. Dan jujur saat itu kemampuan bahasa Inggris saya so poor :( sedangkan waktu yang diberikan hanya 5 menit artinya efektif communication kamu akan diuji untuk menyampaikan langsung straight to the point. Kamu bayangin peluang kamu lulus di XLFL hanya 5 menit untuk kalau gak dimaksimalin bye bye XLFL :'( Pesan dari saya ketika presentasi perhatikan evidance evidance setiap statement yang kamu paparkan because say no to Hoax and say not important.
masuk untuk tes berikutnya yaitu Focus Group Discussion (FGD) disini akan dibagi menjadi beberapa kelommpok kemarin itu kelompok saya ada 6. Tim penilai hanya mengatakan "Topik pembahasan sesuai dengan artikel tadi, silahkan berdiskusi dalam waktu 15 menit dan 1 kesimpulan disampaikan kepada saya di akhir, no intruption dari juri kami hanya sebagai pengamat, dimulai dari sekarang !"
Kamu ngebayangin gak kamu belum kenal satu sama lain di kelompok dan dipaksa untuk membuat 1 kesimpulan, so many leaders in there whoaw maksimallin bener bener kamu bisa membangun topik ketika FGD berlangsung tentu tim penilai menilai secara individu personal.

Tes kedua pun akhirnya selesai tampak wajah wajah kelelahan seluruh peserta termasuk saya, ini rasanya kepala mendidih hahaha
Feeling saya bakal diseleksi lagi, dan ternyata benar di akhir diumumkan nama nama yang akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu interview dari 28 peserta tinggal 12 Peserta termasuk saya Alhamdulillah dalam benak saya "aduh gak luluslah aku ini peserta lain expert semua"
akhirnya kami back to home

Malamnya saya mendapatkan pesan email untuk pelaksanaan interview, dan setiap peserta punya jadwal jam masing-masing.
Saya merasa tenang dan yakin bahwasanya kalau diinterview itu gak ada yang bisa dibohongi jadi santai aja hehe, ketika giliran saya untuk interview pertama diutamakan menggunakan bahasa inggris sebagai value, tentu sebelum interview harus banyak belajar terkait etika interview karena yang menginterview langsung jajaran pejabat XL pembahasan seputar CV yang saya buat dan komunikasi kami cukup nyaman dan asik walaupun medsos saya dikepoin minta diliatin postingan postingannya hahaha
untuk yang butuh pengetahuan etika interview bisa hubungi saya ya...

Selesai seluruh peserta sampai tahap interview dan menunggu pengumuman satu bulan berikutnya. dan hasilnya saya dapat pesan dari email dan itu langsung alamat email CEO PT XL AXIATA Alhamdulillah syukur kepada Allah saya lulus sebagai siswa XL FUTURE LEADERS Bacth 5 dan langsung mendapat undungan untuk National Confrance di Jakarta untuk bertemu 150 Mahasiswa se Indonesia yang berhasil bergabung di XL FUTURE LEADERS

12.436 Pendaftar ---> 2.144 Seleksi ---> 150 Siswa XLFL

Hanya ini yang bisa saya ceritakan kepada pembaca mohon maaf atas segala kekurangan, tetap selalu belajar dan minta restu orang tua agar berkah.
untuk sharing sharing bisa menghubungi saya via email atau comment dibawah ya
Terimakasih :D



XL FUTURE LEADERS

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Perjalanan Menuju Lulus Seleksi XL Future Leader Batch 5"

  1. Sangat membantu kak artikelnya
    Kk sy udah hampir sampai tahap FGD dan saya kebingungan harus baca apa gitu biar nnti FGD nya gak kaku
    Kalo kk gak keberatan saya minta alamat emailnya dong hehe
    Makasih

    ReplyDelete
  2. Hai Najda. Selamat ya kamu sudah stage berikutnya so proud, tetap semangat yaaa

    Oh iya ini alamat email saya ya taufiqa@xlfutureleaders.com

    ReplyDelete
  3. Halo,Kak!
    Artikel kakak sangat sistematis,sangat membantu lah.
    Sama seperti saudari Najda,saya juga akan masuk tahap FGD....Boleh sharing lebih lagi dong kak dari email

    ReplyDelete
  4. Terimakasih kak atas artikelnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Putri, Terimakasih kembali.. Semoga berhasil ya semangat !!

      Delete